.:My Black Corner:.

Friday, February 16, 2007

Koneksi Internet dial-up dengan Wvdial

Ceritanya gini... Kompi dirumah pake empat system operasi, satu windows dan yang laen Linux (SuSe 10, Fedora5, CentOS 4). Waktu gw nyoba pake modem internal D-Link yang biasa gw pake di windows, linux gak bisa nemuin drivernya. Jadi untuk kasus ini gw minjem temen modem eksternal punya tetangga. Modemnya Prolink external v.92 (tulisannya sih gitu). Gw nyoba di SuSe 10 kali ini. Oia... modem sebelumnya dihubungkan ke kompi melalui konektor serial, jadi otomatis SuSe nge-detek device ini di /dev/ttyS0.

Sedangkan aplikasi Wvdial dipake buat mengkoneksikan modem dial-up ke internet. Wvdial biasanya udah otomatis ter-bundle di setiap distro Linux. Misalnya gini... anggap aja aplikasi Wvdial udah terinstall di Linux SuSe. Jadi buat jalaninnya kita musti berubah jadi superman... eh... superuser. :D

Gini perintahnya:
# wvdialconf /etc/wvdial.conf

Found a modem on /dev/ttyS0.
Modem configuration written to
/etc/wvdial.conf.
tty0: Speed 115200;
init "ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 & D2
+FCLASS=0"

Koneksi ke telkomnet instan.
Edit file /etc/wvdial.conf dengan baris perintah:
###
Phone = 080989999
Username = telkomnet@instan
Password = telkom
###

Untuk memulai koneksi:
# wvdial
---> Jalanin aplikasi wvdial setelah selesai di konfigurasi.

Sekarang tinggal buka browser mozilla atau conqueror buat surfing on the cyber. Jangan lupa jalanin gaim atau kopete juga. Ati-ati pulsa telepon bengkak...! Hehehe...

Oia... buat berhentiin aplikasi ini kita tinggal teken Ctrl+C atau klo masih bandel gak mo mati juga (jarang sih kasus kayak gini) ketik aja kill -9 atau matiin aja skalian kompi ente. :D

posted by .:CyberColombuzz:. at 7:50 PM

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home