.:My Black Corner:.

Monday, February 26, 2007

Membuat server blog Wordpress pada jaringan komputer lokal

Pasti bloggers mania pada tau salah satu engine yang mendukung blog bernama Wordpress. Sekarang telah tersedia aplikasi Wordpress yang bisa dijalankan di komputer sendiri. Dalam artikel ini gw pake system linux SuSe 10 buat kelinci percobaannya. Gini nih caranya...

Download Wordpress
Seperti biasanya gw lebih seneng klo pake aplikasi wget, gak tau knapa...
# wget http://wordpress.org/latest.tar.gz

Aktifkan webserver dan phpMyAdmin
Pada kasus ini sudah diterangkan cara installasi XAMPP di artikel sebelumnya. Baca dulu -->> http://dadhee.blogspot.com/2007/02/migrasi-dari-php-triad-ke-xampp.html .

Ekstrak file latest.tar.gz
# tar xfvz latest.tar.gz -C /opt/lampp/htdocs/

Rubah permission file
Agar hasil konfigurasi nanti bisa ditulis, maka rubah permission file dari file ekstrak tadi.
# chmod 777 /opt/lampp/htdocs/wordpress/

Installasi via web browser
Installasi selanjutnya via web browser. Di sini gw pake Mozilla Firefox. Ketikan http://localhost/wordpress.

Kemudian akan disambut oleh text “There doesn’t seem to be a wp-config.php file. I need this before we can get started. Need more help? We got it. You can create a wp-config.php file through a web interface, but this doesn’t work for all server setups. The safest way is to manually create the file.” Lalu silahkan meng-klik create a wp-config.php file through a web interface untuk melanjutkan.
Kemudian kita akan dihadapkan dengan aturan main dalam installasi wordpress, kalau ente setuju dengan semua itu maka berikutnya adalah klik let’s go! untuk melanjutkan tahap installasi.

Buat database
Buka http://localhost/phpMyAdmin . Buat database dengan nama (terserah) wordpress.

Lanjutkan tahap Installasi via web browser
Isi form yang disuguhkan disana, diantaranya adalah : Database Name, sesuai dengan database yang telah dibuat sebelumnya, yaitu wordpress. User Name, user name mysql (username defaultnya adalah root). Password, masukan password mysql dari user root. Database Host, untuk database host local, ente masukin aja localhost (klo meng-installnya di system lokal). Table Prefix, (abaikan aja) kalau sudah klik Submit.

Kalau sudah yakin dengan apa yang telah kita ketikan tadi maka kita akan diberi pesan: “All right sparky! You’ve made it through this part of the installation. WordPress can now communicate with your database. If you are ready, time now to run the install! “. Klik untuk melanjutkan proses installasi berikutnya.

Klik First Step » untuk lanjut. maka kita akan dihadapkan kembali dengan form isian untuk mengisi form: Weblog title, title yang akan ditampilkan di blog. Your e-mail, alamat e-mail pengguna. Kalau formnya sudah di isi semua dengan benar maka klik Continue to Second Step >> Installasi sudah selesai dan wordpress hasil install akan menampilkan User name, Password, Login address. Password biasanya di beri secara otomatis dan bisa diubah kalau ente-ente pade dah masuk ke halaman adminstrator.

Buat login admin ada di link: http://localhost/wordpress/wp-admin/
Tahap selanjutnya tergantung pada kreatifitas dan imajinasi ente-ente dalam membuat sebuah blog.


posted by .:CyberColombuzz:. at 10:50 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home