.:My Black Corner:.

Tuesday, March 13, 2007

Explore file jarak jauh dengan phpExplorator

Gw tertarik mem-publish artikel ini karena aplikasi ini tergolong sederhana dengan fungsi yang sederhana dan cara meng-installnya yang sederhana tapi cara dia 'bekerja' yang rada unik (dengan script php).

phpExplorator adalah salah satu aplikasi remote explore yang berjalan 'under web browser' (Mozilla, Concueror, Netscape dll). Sebenernya tugasnya mirip2 Windows Explorer di windows. Fungsi dari aplikasi ini adalah dapat me-manage, meng-edit, membuat, meng-copy, me-rename, download, upload file... Atau bahkan membuat file kompresi dan meng-ekstraknya. Aplikasi ini cocok untuk sysAdmin yang selalu melakukan aktiitas remote-me-remote, dengan syarat system tersebut sudah terinstall aplikasi buat webserver.

Download
# wget http://downloads.sourceforge.net/phpexplorator/ phpexplorator_2_0.tar.bz2

Cara installasinya sangat mudah. Ekstrak paket yang telah di-download tadi ke direktori tempat menyimpan aplikasi web. Klo gw pake XAMPP yang diinstall di direktori /opt, maka file tadi gw ekstrak di direktori /opt/lampp/htdocs/

Ekstrak
# tar xfvj phpexplorator_2_0.tar.bz2 -C /opt/lampp/htdocs/

Post Install
Buka browser web, ketikan alamat http://[ip_webserver]/phpexplorator_2_0/

Yah... setidaknya kita bisa liat file-file apa aja di server kita yang "jauh" tanpa harus masuk ke console atau menggunakan ftp (yang terkadang membosankan) :D.

Screenshot

-->>klik disini<<--

posted by .:CyberColombuzz:. at 1:52 PM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home