.:My Black Corner:.

Monday, May 28, 2007

Menghitung operasi matematika menggunakan bash console

Ternyata banyak juga pengguna linux terutama yang sering memakai console, gw tanya soal perhitungan matematika di bash console gak ada yang bisa jawab. Ternyata hal-hal kecil sering kali membuat kita kerepotan. Apa pentingnya? Ya penting lah... Gitu aja kok gak tau. Hehehe...
Ini sekedar mengingatkan karena pada hakekatnya manusia adalah tempat salah dan lupa. Mulai aja ke inti permasalahan.

Misalnya kita mulai dengan penjumlahan anak teka yang paling guampaaang. Tanya deh sama linuxer yang fanatik console, satu ditambah satu berapa? Tapi menghitungnya harus menggunakan console. Jawabannya:

# echo '1+1' | bc
2

Contoh pengurangan:
# echo '123456-7890' | bc
115566

Contoh perkalian:
# echo '12345679*36' | bc
444444444

Contoh pembagian:
# echo '24/2' | bc
12

Cuma untuk operasi matematika pembagian ada hal yang merepotkan. Gini nih... coba deh lakukan pembagian 34:3, pasti bash linux ngasi jawaban 11, sedangkan 11*3=33...??!
Berarti operasi matematika di bash linux salah besar dong? Jangan khawatir, semua masalah pasti ada jalan keluarnya... Seperti perkataan Asep Sunandar Sunarya, dalang wayang golek yang terkenal, "Gitu aja kok cepot..." Sebenarnya masalah yang merepotkan disini adalah bagaimana caranya melakukan perhitungan dengan pemisah koma...? Mungkin kita butuh 2 angka di belakang koma untuk melakukan perhitungan yang tadi.

# echo 'scale=2; 34/3' | bc
11,33

Nah, ini baru bener... Klo hasilnya pengen 5 angka di belakang koma?

# echo 'scale=5; 34/3' | bc
11,33333

Kelihatannya sederhana tutorial ini. Tapi sebelum melakukannya coba tanya kepada pengguna linux sekitar, gimana caranya melakukan operasi matematika dengan menggunakan bash console? Gw yakin sedikit sekali yang bisa jawab, karena apa? Karena kita sering mengabaikan hal-hal yang terkesan sepele.
Selamat mencoba.


posted by .:CyberColombuzz:. at 9:33 AM

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home